Hati-Hati Belanja di hypermart Java Mall Semarang




119 dilihat


Jakarta - Pada tanggal08 Jam 20.53 saya berbelanja di hypermart Java Mall Semarang. Saya terkejut setelah mencoba mencocokkan Nota. Ternyata apa yang dijanjikan tidak terbukti pada struk kasir yang saya terima.

Pada tanggal tersebut ada iklan. 23, 24, dan 25 Mei 2008 ada diskon 20% untuk buah, sayur, daging ayam, sapi, dan ikan segar dengan menggunakan MCC Card, dan pada daftar belanja saya terdapat buah dan daging. Ternyata diskon 20% tidak muncul dan hanya tertera Promo MCC 1,561. Pada saat saya tanyakan ke Kasir yang seharusnya mendapat disc 20% item mana saja dan oleh kasir memberi tanda dan seharusnya diskon lebih dari yang tertera.

Juga untuk harga VP gula pasir di iklan koran. Pada label gondola seharga Rp 5.970. Ternyata pada struk tertera Rp 7.200 (saya tidak tahu apakah ada barang lain yang harga pada label rak dan transaksi di Kasir tidak sesuai karena tidak mungkin dihafalkan). Dan, pada saat saya tanyakan ke kasir petugas kasir tidak bisa menjelaskan dan dialihkan ke supervisor toko.

Oleh supervisor toko menyadari akan kesalahan struk tersebut. Namun, tidak bisa melayani dengan segera dan setelah mereka saling menyalahkan (antara petugas hypermart) dan saya menunggu terlalu lama saya meminta untuk membatalkan seluruh transaksi. Saya tidak bisa mempercayai sistim komputer hypermart dan supervisor keberatan dan akan mencoba transaksi ulang semua belanjaan saya.

Karena terlalu lama tidak terselesaikan maka saya memutuskan membawa pulang belanja saya meskipun saya dirugikan. Namun, saya membawa bukti struk transaksi yang salah berikut foto label harga yang tertera pada rak atau gondola.

Persoalan yang saya alami bisa dikategorikan penipuan publik. Berapa banyak pembeli yang tidak sadar dan tidak mencek transaksinya dan berapa banyak konsumen yang dirugikan. Apakah mungkin yang mengalami transaksi salah hanya saya?

Jika sistim komputer hypermart tidak memungkinkan membuat program diskon promo seharusnya tidak membuat program dengan iklan besar-besaran. Namun, kebenaran transaksi tidak terjamin yang ujung-ujungnya konsumen yang dirugikan.

Saya berharap konsumen lain tidak mengalami seperti yang saya alami. Namun, saya punya bukti terjadinya kesalahan tersebut.

Daniel Sugiarto
Jl Dr Wahidin 177 Semarang

77
(msh/msh)


Source : detik

Terkait

Permintaan Maaf Bhinneka.com 20 Kali Percuma
Tiga Minggu Air PAM Jaya tidak Mengalir
Customer Service Elevenia Sangat Mengecewakan
Nasib Pengguna KRL

Laporkan Suratpembaca ini : admin at suratpembaca.web.id
Tolong Sertakan URL / Alamat lengkap halaman ini

Komentar