Dipermainkan Bank Danamon


Finansial Perbankan & Kredit

1203 dilihat


Jakarta - Istri saya adalah nasabah Bank Danamon Cab. Sudirman Bendungan Hilir selama bertahun-tahun, dan selama ini tidak ada permasalahan dan semuanya berjalan baik-baik saja (kebetulan awalnya dibuka oleh kantornya untuk payroll). Minggu lalu, rekening tiba-tiba tidak bisa digunakan. Dan kebetulan (atau memang mereka sudah tahu) orang Banknya yang bernama Andi menelepon memberitahukan bahwa rekening sudah diblokir karena tidak ada setoran atau tarikan selama 6 bulan. Jelas saja istri saya kaget, berhubung tanpa ada informasi, tanpa ada kesalahan dan saldo lebih dari cukup rekeningnya diblokir oleh Bank Danamon. Sdr Andi minta agar segera ke cabang asal pembukaan rekening untuk menyetorkan dana agar rekening bisa aktif kembali. Kami keberatan untuk datang ke bank pada saat itu karena tidak memungkinkan. Sementara dananya kami butuhkan. Akhirnya saya pun menelepon Bank Danamon dan berbicara dengan Saudara Andi, setelah saya tanya penjelasan dan alasan pembelokiran rekening istri saya, dia pun kehabisa kata dan menyerahkan kepada atasannya yang bernama Linsa. Saya menanyakan alasan mengapa rekening istri saya dibekukan padahal saldo jauh lebih dari cukup. Tidak pernah melakukan penyalahgunaan fasilitas perbankan. Tidak ada pengaduan untuk diblokir. Pertama-tama, dia meralat kata-kata saya, bahwa mereka tidak membekukan tapi hanya membelokir (buat saya sama saja, intinya rekening tidak bisa digunakan sama sekali). Menurut penjelasan Ibu Linsa tersebut, bahwa sudah kebijakan perbankan tanpa melihat saldo berapa pun kalau tidak ada penyetoran atau penarikan selama 6 bulan, maka rekening tersebut diblokir. Waktu saya tanya balik, kalau itu sudah kebijakan perbankan, berarti ada edaran dari BI. Saya minta dikirimkan edaran atau surat pemberitahuan dari BI-nya. Merasa dia salah ngomong, buru-buru dia ralat, menjadi kebijakan Bank Danamon. Saya minta surat keputusan direksi bank Danamon, tetapi dia tidak bersedia (atau memang tidak ada). Jawabannya cuman satu : pokoknya itu kebijakan perbankan (Bank Danamon), berapa pun saldonya bila tidak ada penarikan atau penyetoran selama 6 bulan akan diblokir. Kalau mau rekeningnya bisa digunakan lagi, harus datang ke cabang asal untuk menyetor dana dan nanti officernya akan merelease blokiran atas rekening nasabah bersangkutan. Dia menanyakan, apakah saya punya rekening di bank lain dan tidak ada transaksi selama 6 bulan? Dengan tegas saya jawab, saya ada rekening di BSM dan sudah setahun lebih tidak ada transaksi, dan tidak diblokir tuh. Eh dianya nggak percaya. Dia bilang nggak mungkin, Pak. Terus saya bilang, di BCA pun ada kebijakan tersebut beberapa tahun yang lalu diberlakukan, tetapi ada minimum saldonya. Dan itu ada pemberitahuan sebelumnya ke nasabah. Terus saya tantang untuk cek ke BSM, tapi dia nggak mau. Apakah ini kecurangan di mana Bank Danamon bisa memutar uang nasabah yang ada di Bank Danamon? Apalagi itu tidak ada pemberitahuan. Berapa banyak nasabah yang tidak melakukan transaksi dalam 6 bulan? Berapa banyak dana yang mereka bisa putar dengan gratis ya? Apakah ini cara-cara mencari untung yang tidak fair? Kami benar-benar merasa dipermainkan oleh Bank Danamon. ICT Division PT Showa Indonesia Mfg 0811871516 (nrl/nrl)


Source : detik

Terkait

Nasabah Tidak Bisa Pilih Hadiah MGM Citibank
Berubahnya Data di Kartu Kredit Bank Mandiri
Komplain atas Koreksi Bunga Kartu Kredit Niaga
KECEWA DENGAN PELAYANAN LAZADA.

Laporkan Suratpembaca ini : admin at suratpembaca.web.id
Tolong Sertakan URL / Alamat lengkap halaman ini

Komentar