Tanggal Jatuh Tempo Pembayaran Kartu Kredit BNI Tidak Adil

BNI

428 dilihat


Saya Hendra Surya R adalah pemegang kartu kredit BNI Lottemart dengan no: 5484-1500-9000-0xxx. Pada pada lembar tagihan yang dikeluarkan tanggal 07/12/2014 tertera total tagihan Rp. 1.362.519 dengan jatuh tempo pada tanggal 27/12/2014.

Saya membayar tagihan tersebut secara online lewat klikbca.com pada tanggal 25/12/2014 dan pembayaran berhasil, semua ada bukti transaksinya. Betapa kaget saya ketika menerima tagihan BNI yang dikeluarkan tanggal 07/01/2015 tertera denda keterlambatan Rp 40.876 dibukukan 30/12/2014 ditambah bunga Rp 41.942 dibukukan tanggal 07/01/2014.

Padahal ada tertulis disitu tanggal pembayaran saya 25/12/2014, akan tetapi dibukukan tanggal 31/12/2014, ini sungguh luar biasa. Jadi system BNI tahu dan mencatat saya sudah membayar duluan sebelum jatuh tempo akan tetapi tetap mengenakan denda plus bunga tersebut karena dianggap terlambat membayar.

Saya tidak mengerti kenapa transaksi pembayaran dibukukan tgl 31/12 berarti 6 hari setelah saya bayar. Padahal ini semua dilakukan otomatis lewat komputer tanpa campur tangan manusia atau komputer BNI ikut cuti bersama? Sebagai orang awam saya juga tidak tahu bahwa ada cuti bersama tanggal 26 Desember yang diberlakukan oleh Bank Indonesia, termasuk cuti semua transaksi elektronik jadi bukan hanya manusianya saja.

Alih-alih saya sengaja membayar lebih awal akan tetapi malah dikenakan denda dan bunga, jadi saya anggap ini jatuh tempo pembayaran yang tidak adil. Saya merasa dirugikan dengan segala perhitungan yang tidak jelas tersebut. Ini bukan soal angka yang cuma Rp 80 ribuan itu akan tetapi BNI mengambil keuntungan dari ketidak tahuan nasabahnya akan segala aspek transaski elektronik yang tentu saja diluar jangkauan nasabah, padahal nasabah sudah berusaha mematuhi kewajibannya.

Anehnya kartu kredit Bank lain yang saya punyai tidak punya masalah seperti itu. Setelah melunasi tagihan terakhir (bulan Januari) yang totalnya Rp 5 jutaan saya berniat menutup kartu tersebut. Terima kasih.

Source : kompas

Terkait

Penipu bernama Dave Pohan
Penyelesaian Kartu Telkomsel Citibank Bermasalah
Etika Karyawan Bank Mega
Prosedur Administratif Citibank Berubah Bahkan dalam Hitungan Jam

Laporkan Suratpembaca ini : admin at suratpembaca.web.id
Tolong Sertakan URL / Alamat lengkap halaman ini

Komentar