Penipuan Asuransi Panin Life

panin life

Home > Lain-Lain > Penipuan > Penipuan Asuransi Panin Life

5068 dilihat


Bersama surat ini saya nama: Margareth Martha Romauli, yang "dinyatakan" sebagai pemegang polis no:YS014989 pada program asuransi Panin Life, bersama ini saya mengajukan keberatan dengan cara-cara Panin Life menjual produknya. Saya adalah pemegang kartu kredit Citibank dengan nomer :0-xxxx-xxxx dan melalui telemarketer diinformasikan produk tersebut.

Telemarketer mempresentasikan produk "20 years in Safe" namun tidak menjelaskan bahwa nilai tunai dana yang ditabung sampai akhir tahun pertama adalah bernilai nol. Sampai saat ini saya tidak mendapatkan kejelasan, siapa identitas telemarketer yang mempresentasikan produk tersebut. Pihak Citibank menjelaskan bahwa telemarketer tersebut adalah pihak Panin Life, tapi dari customer service panin saya tidak mendapatkan penjelasan malah pihak panin seakan-akan melepaskan tanggung jawab dengan tidak menjelaskan identitas agen telemarketer tersebut. Sesuatu yang tidak lazim dalam prospecting produk asuransi, dimana agen harus menjelaskan identitasnya kepada calon nasabah asuransi.

Lalu karena "via telepon" awalnya saya menyatakan tertarik, beberapa waktu kemudian, dana saya langsung didebet secara sewenang-wenang tanpa form persetujuan ataupun konfirmasi. Dari kartu kredit saya per tanggal :19/april/2008 sebesar Rp 300.000 [tiga ratus ribu rupiah] setiap bulannya sampai sekarang. Total yang sudah didebet sampai dengan tanggal 10/01/2010 adalah sebesar Rp 6.300.000 [Enam juta Tiga Ratus Ribu Rupiah].

Seharusnya Panin Life tidak memotong dana saya tanpa adanya persetujuan saya secara tertulis baik di form persetujuan maupun di polis [yang baru saya terima tanggal 19 bulan April], tidak langsung ke tangan saya dan pihak paninlife tidak mengkonfirmasikan pengiriman itu kepada saya. Namun pada kenyataannya Panin Life terus memotong dana tersebut.

Setelah mendapatkan surat pemberitahuan pada tanggal 09/02/2010, saya melakukan komplain via customer care panin life. namun dari pihak customer care, saya di pingpong tanpa etika sama sekali [Endah, Yuli, Erfin, Mala, Rina] sehingga saya tidak mendapatkan penjelasan yang memuaskan sama sekali. Oleh karena itu saya mulai menyurati pihak Panin Life via email, barulah mereka memberikan respon.

Setelah pembicaraan via telepon dengan Ibu Sondang, akhirnya pihak panin life menjanjikan pengembalian, namun hanya sebesar Rp Rp. 2.250.000 [dua juta dua ratus lima puluh ribu] dengan alasan, sesuai dengan term nilai tunai yang ada di polis. Mereka pun meminta saya untuk memfaks surat pembatalan polis [bagaimana mungkin polis yang belum berlaku bisa dibatalkan].

Bagaimana mungkin mereka memaksakan term yang ada di polis, sedangkan saya terang-terangan sama sekali tidak menyetujui polis tersebut, yang notabene adalah kontrak, yang hanya bisa berlaku bila kedua belah pihak menyetujuinya? Proses persetujuan itu pun harusnya ditandatangani kedua belah pihak. Sampai saat ini saya tidak pernah menandatangani polis tersebut. Apakah dengan demikian polis tersebut dapat dinyatakan berlaku? Mohon penjelasan dari pimpinan Panin Life, dalam hal ini saudara Fadjar Gunawan sebagai Direktur Utamanya, mengenai pengembalian keseluruhan dana yang sudah didebet secara sewenang-wenang dari kartu kredit saya.

Mohon penjelasannya, apakah relevan jika saya melaporkan perusahaan dan person-person dalam perusahaan anda secara individu dengan laporan pelanggaran hukum dibawah ini?

1.penipuan asuransi [agent tidak menginformasikan hal yang benar "perihal nilai tunai tahun pertama = nol" dan perusahaan menutupi informasi tentang identitas telemarketer]

2.penipuan asuransi [pemberlakuan polis tanpa persetujuan tertulis pihak yang akan dijadikan nasabah]

3. pencurian dana [pendebetan dana secara sepihak dan tanpa konfirmasi dengan alasan "premi asuransi" melalui kartu kredit tanpa form persetujuan dan tanda tangan pemilik kartu kredit].

Mohon responnya untuk mengembalikan dana saya segera, atau saya akan melaporkannya ke aparat hukum yang berwenang. Margareth martha romauli

margareth martha romauli napitupulu
jalan kendang sari gg III/4 - RT 03/03
Surabaya




Source : kompas
Silahkan Login / Daftar untuk memberi tanggapan




There are no comments yet.
Authentication required
You must log in to post a comment. Log in
jasa foto produk
Sebelum request penghapusan artikel mohon request penghapusan kepada sumber terlebih dahulu, jika belum solved / terhapus kami akan abaikan

Laporkan Suratpembaca ini : admin at suratpembaca.web.id
Tolong Sertakan URL / Alamat lengkap halaman ini