Asuransi Sinar Mas Menjengkelkan



Home > Finansial > Asuransi > Asuransi Sinar Mas Menjengkelkan

321 dilihat


Jakarta - Untuk memberikan ketenangan berhubung banyaknya kasus pencurian dan perampasan kendaraan roda dua, saya mengasuransikan motor Yamaha Mio saya dengan nomor Polis : 58.016.2006.03961 di Asuransi Sinar Mas yang saya percayai sebagai perusahaan asuransi yang bonafid. Singkat cerita, saya kehilangan motor tersebut di tahun pertama polis. Setelah mengeluarkan biaya, waktu dan tenaga yang tidak sedikit untuk mengurus surat kehilangan dan pemblokiran kendaraan di polisi saya lampirkan surat-surat yang diperlukan untuk klaim asuransi. Setelah menunggu hampir seminggu pencairan dana asuransi, saya menghubungi pihak klaim dan diterima dengan Sdr Widi. Dia memberitahu bahwa uang pertanggungan yang seharusnya saya terima senilai Rp 10.012.500 (saya membeli motor dengan harga Rp 11.125.000 dan own risk 10%) harus dipotong dengan ketidakadaan STNK asli senilai Rp 500.000 dan pengalihan hak dan tanggung jawab (subrogasi) senilai Rp 1.287.500 (di klausul polis tidak disebutkan adanya biaya atas subrogasi ini). Setelah berdebat panjang dengan Sdr Widi mengenai tidak adanya STNK (padahal pada saat pelaporan kehilangan kendaraan, menurut prosedur polisi STNK dan kunci asli kendaraan diminta dan pihak asuransi pun kalau menginginkan STNK tersebut bisa langsung menghubungi polisi karena surat laporan kehilangan asli telah diserahkan ke pihak asuransi, apakah uang senilai Rp 500.000 karena ketiadaan STNK asli hanya sebagai kedok untuk mencari uang tambahan bagi pihak asuransi?) Yang kedua adalah masalah subrogasi, yang di klausul polis pun tidak ditulis adanya biaya yang harus dikeluarkan tertanggung, sehingga nilai pertanggungan yang bisa diklaim hanya Rp 8.725.000. Kemudian pada tanggal 07/05/2007, saya dihubungi oleh Sdri Stella yang mengaku sebagai marketing. Ia berbicara mengenai nilai pertanggunggan yang bisa di klaim hanya sebesar Rp 9.500.000 karena adanya penurunan harga motor (seharusnya kalau memang ada penurunan harga motor terjadi di tahun kedua sedangkan kejadian kehilangan terjadi di tahun pertama dan itu pun harus mengubah polis yang ada karena berkaitan dengan premi yang harus dibayar, lalu apa fungsi nilai pertanggungan yang jelas-jelas tertulis di polis?). Tolong pihak asuransi yang menanggapi hal ini Jean Gundayana6-141 No Polis : 58.016.2006.03961 ____________________________(ana/ana)




Silahkan Login / Daftar untuk memberi tanggapan




There are no comments yet.
Authentication required
You must log in to post a comment. Log in
jasa foto produk
Sebelum request penghapusan artikel mohon request penghapusan kepada sumber terlebih dahulu, jika belum solved / terhapus kami akan abaikan

Laporkan Suratpembaca ini : admin at suratpembaca.web.id
Tolong Sertakan URL / Alamat lengkap halaman ini